: :

5 Fakta Balum Bili, Makhluk Mitologi Penunggu Sungai Aceh


Fakta dan Mitos Balum Bili

RADAR TEGAL – Selain terkenal dengan negara yang mempunyai kekayaan alam berlimpah, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang masih mempercayai mitos, termasuk Balum Bili.  

Sosok makhluk mitos yang satu ini begitu erat dengan sungai. Mengingat jumlah sungai di Indonesia yang banyak, timbul dua sisi positif bagi masyarakat dan cerita horor yang berkembang akibatnya. 

BACA JUGA: Seram! Mitos Naga Cerek yang Jadi Ritual Pesugihan dengan Tumbal Nyawa

Balum Bili sang pemangsa manusia 

Manfaat sungai yang besar, ternyata juga mengundang bahaya di baliknya. Tidak jarang banyak korban manusia berjatuhan. 

Sosok makhluk gaib ini merupakan penunggu asli sungai yang berada di wilayah Aceh. Dalam legenda, ia merupakan hantu air khas Aceh yang senang memangsa manusia.  

Cerita tersebut bukan hanya bibir buah semata, tetapi masyarakat Aceh sangat mempercayai keberadaan Balum Bili. Kasus nyata terjadi pada September 2009. 

Saat itu terdapat dua bocah di Kecamatan Julok tenggelam dan ditemukan secara terpisah oleh tim pencari. Warg sekitar menyadari kejanggalan dan percaya bahwa Balum Bili adalah pelakunya. 

Hal tersebut berdasar pada ketakutan hantu air tersebut terhadap suara tembakan. Pasalnya, kedua bocah tersebut baru berhasil ditemukan setelah tembakan dilepaskan di sekitar sungai. 

Oleh karena itu, meskipun ceritanya di luar nalar, tetapi masih banyak masyarakat yang percaya bahwa Arakundo atau Balum Bili masih senang menculik manusia saat di air. 

BACA JUGA: Majapahit Sampai Ketar-ketir! Inilah 3 Pusaka Sakti Milik Sunan Kudus

Wujud Balum Bili 

Terkenal dengan reputasinya sebagai hantu air, ia terkisahkan sering berubah wujudnya dengan tidak menentu, sehingga bentuk aslinya tidak ada yang mengetahui dengan jelas. 

Menurut masyarakat sekitar, Balum Bili dapat menjelma menjadi gulungan tikar yang hanyut menyusuri aliran air sungai. 

Beberapa mengatakan bahwa makhluk ini juga menyamar sebagai kayu seolah-olah menunjukkan tidak ada bahaya di sungai tersebut. 

Padahal hal tersebut adalah tipuan belaka dan trik agar ia dapat memangsa manusia yang ke sungai. 

Dapat menjadi apapun 

Kecerdikan hantu dari Aceh ini terletak pada kemampuannya yang dapat berubah menjadi apapun, bahkan benda mati sekalipun. Ia sangat pintar menipu pandangan manusia. 

Bahkan, makhluk mitos ini juga sering mendekati manusia saat beraktivitas di sekitar sungai. Balum Bili akan menggulung mereka dan menariknya hingga ke dasar sungai.

Akibat keahliannya yang dapat menjelma menjadi apapun, banyak manusia yang terjebak karena menganggap hanya barang biasa yang terbawa air. Kurang waspada inilah yang Balum Bili manfaatkan. 

BACA JUGA: Ngeri! 5 Perairan Angker di Indonesia Ini Banyak Makan Korban

Kondisi korban mengenaskan 

Berbagai kisah dalam legenda menyebutkan, siapapun yang pernah menjadi korban hantu air ini selalu memiliki kondisi yang memprihatinkan.

Korban biasanya kehilangan dua bola matanya, beberapa organ dalam seperti hati, ginjal, jantung, paru juga akan hilang. 

Hal ini yang membuat masyarakat Aceh masih percaya dengan sosok Balum Bili yang masih ada. 

Banyaknya manusia yang menjadi korban dengan kondisi mengenaskan juga membuat orang takut dengan makhluk gaib ini. 

Memiliki ketakutan yang unik 

Meskipun Balum Bili sangat hebat dan mampu menjelma menjadi bentuk apapun yang ia mau, makhluk ini menurut legenda masyarakat juga memiliki sebuah kelemahan. 

Kelemahannya terletak pada ketakutan saat suara tembakan senapan yang menggelegar. Asal-usul informasi in juga tidak jelas sumbernya dari mana dan siapa yang pertama kali mencoba. 

Namun, masyarakat sekitar telah menerapkan cara ini untuk menghindar dari jeratan Balum Bili.  Orang juga dapat mempraktekkan trik ini  pada saat beraktivitas di sungai dan merasa ada sesuatu mengikuti. 

Suara tembakan senapan yang nyaring ke seluruh bantaran sungai mampu membuat takut dan membuat makhluk gaib yang jail itu pergi ke tempat persembunyiannya dalam waktu lama. 

Masyarakat setempat juga menuturkan bahwa kehadiran Balum Bili seringkali menjadi peringatan bagi manusia di sekitarnya untuk menjaga kebersihan sungai. Mereka datang karena manusia merusak sumber kehidupan banyak makhluk. 

BACA JUGA: Menyapu Malam Hari Bisa Bikin Rezeki Seret? Mitos Atau Fakta?

Melalui legenda mitos makhluk air ini, menyadarkan manusia untuk mempertahankan kondisi alam sangat penting. Selain itu, selalu berperilaku sopan dan santun termasuk di sungai.***

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *