: :
Jateng  

5 Kabupaten Baru yang Banyak Disebut Akan Jadi Pemekaran Wilayah di Jawa Tengah


RADAR TEGAL – Wilayah Indonesia yang luas terbagi menjadi 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Rinciannya adalah 416 kabupaten dan 98 kota.

Salah satu provinsinya adalah Jawa Tengah, yang terletak di Pulau Jawa dengan ibukotanya, Semarang. Bedasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Provinsi Jawa Tengah memiliki luas wilayah 34.334 kilometer persegi dan terbagi menjadi 29 kabupaten serta 6 kota.

Belakangan diketahui dengan luas dan jumlah penduduknya yang mencapai 36.742.500 jiwa di 2021 lalu, banyak masyarakat yang mengusulkan pemekaran di Jawa Tengah. Yakni dengan mengusulkan pembentukan kabupaten dan kota baru.

Usulan ini di antaranya didasarkan karena lambannya pembangunan dan jauhnya jarak ke dari sejumlah wilayah ke pusat pemerintahan. Dihimpun dari berbagai sumber, ada sedikitnya 5 kabupaten baru yang disebut-sebut potensial didirikan di Jawa Tengah.

Dikutip radartegal.id dari YouTube Mahasiswa Geografi, inilah lima wilayah yang banyak disebut-sebut akan menjadi calon kabupaten dan kota baru di Jawa Tengah.

1. Kabupaten Majenang atau Cilacap Barat
Kabupaten Majenang Rencananya akan dimekarkan dari Kabupaten Cilacap. Ada 10 Kecamatan yang akan bergabung yaitu Kecamatan Majenang, Kecamatan Wanaraja, Kecamatan Sidareja, Kecamatan Dayeuhluhur, Kecamatan Kedungreja, Kecamatan Patimuan, Kecamatan Cimanggu, kecamatan Cipari, Kecamatan Gandrungmangu, dan Kecamatan Karangpucung. Rencananya ibukota kabupaten akan berada di Kecamatan Majenang.

2. Kabupaten Brebes Selatan
Kabupaten Brebes Selatan Rencananya akan dimekarkan dari kabupaten Brebes. Ada enam Kecamatan yang akan bergabung yaitu Kecamatan Bumiayu, kecamatan Salem, Kecamatan Bantarkawung, Kecamatan Paguyangan, Kecamatan Tonjong dan Kecamatan Sirampog. Rencananya ibukota kabupaten Berada di kecamatan Bumiayu.

3. Kabupaten Banyumas Barat
Kabupaten Banyumas barat rencananya akan dimekarkan dari Kabupaten Banyumas. Ada 10 Kecamatan yang akan bergabung yaitu Kecamatan Gumelar, Kecamatan Lumbir, Kecamatan Pekuncen, Kecamatan Cilongok, Kecamatan Wangon, Kecamatan Jatilawang, Kecamatan Ajibarang, Kecamatan Patikraja, Kecamatan Purwojati dan Kecamatan Rawalo. Rencananya ibukota kabupaten akan berada di kecamatan Wangon.

4. Kota Purwokerto
Kota Purwokerto rencananya akan dimekarkan dari Kabupaten Banyumas. Ada delapan Kecamatan yang akan bergabung yaitu Kecamatan Purwokerto Barat, Kecamatan Purwokerto Utara, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kecamatan Purwokerto Timur, Kecamatan Baturraden, Kecamatan Karanglewas, Kecamatan Kedungbanteng dan Kecamatan Sumbang.

5. Kota Gombong
Kota Gombong rencananya akan dimekarkan dari Kabupaten Kebumen. Ada delapan Kecamatan yang akan bergabung yaitu Kecamatan Gombong, Kecamatan Kuwarasan, kecamatan Sempor, Kecamatan Buayan, Kecamatan Ayah, Kecamatan Adimulyo, Kecamatan Rowokele dan Kecamatan Puring.

Demikian lima wilayah yang disebut-sebut akan menjadi calon kabupaten baru, yang baru menjadi wacana. (*)

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *