: :

Curug Ini Memendam Misteri Karena Ada Bongkahan Batu Membelah Air Terjunnya, Mitos Curug Sodong


Mitos Curug Sodong
Mitos Curug Sodong (Foto: Native Indonesia)

RADAR TEGAL – Sukabumi menjadi wilayah yang menyimpan keindahan alam. Salah satu di kawasan Geopark Ciletuh yang telah diakui UNESCO karena sejuta keindahannya, terdapat Curug sodong yang sangat menawan. 

Curug ini memiliki daya tarik wisata memukau sekaligus menyimpan mitos yang sudah ada dan masyarakat sekitar sangat mempercayainya. 

Lokasi tepat curug ini berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi dalam kawasan Geopark Ciletuh. Curug ini masih menjadi satu kawasan dengan Curug Cikanteh, sehingga pengunjung yang ke sini bisa mendatangi dua tempat sekaligus. 

Kabar gembiranya bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam ini, tidak perlu menempuh perjalanan yang melelahkan. Jalanan yang tersedia juga memiliki kondisi yang baik dan bonusnya kamu bisa melihat hamparan luas sawah dengan gunung menjulang. 

BACA JUGA: Curug Cigangsa: Destinasi Anti Menyesal Karena Keindahannya, Tetapi Wajib Tahu Mitos dan Larangannya Saat ke Sini!

Daya keindahan Curug Sodong 

Curug ini sudah membuat para pengunjungnya terpukau mulai dari tempat parkir. Terdapat dua aliran air terjun, membuat curug ini sering disebut sebagai Curug Kembar. 

 

Airnya mengalir dengan ketinggian sekitar 20 meter yang berasal dari Curug Cikanteh di bagian atasnya. Apabila debit air sedang banyak, maka aliran air akan menyatu. Hal ini juga membuat Curug Sodong memiliki nama lain, yaitu Curug Pengantin. 

 

Arti dari nama Curug Sodong adalah air terjun yang berada di cekungan goa. Apabila pengunjung perhatikan secara teliti, di bawah tebing curug memang terdapat sebuah cekungan yang menyerupai bentuk sebuah goa. 

 

Aliran air curug ini cukup deras sehingga tidak heran suara yang dihasilkan cukup menenangkan. Tentunya menjadi rekomendasi destinasi yang pas untuk healing. Apalagi ada banyak tanaman hijau menghiasi yang memanjakan mata. 

 

Pada bawah aliran Curug Sodong ada sebuah kolam alami yang menampung air dari atas. Namun, saat musim hujan tiba airnya berubah warna kecoklatan karena bercampur dengan tanah. 

 

Meskipun begitu, air di Curug Sodong tergolong sangat bersih. Apabila kamu hanya ingin bersantai, kamu juga bisa berteduh sambil piknik di bawah pohon besar sekitar curug. 

 

Mitos sebuah batu di Curug Sodong 

 

Di curug ini menyimpan misteri yang tidak terlepas dari kawasan Geopark, yakni keberadaan sebuah batu yang ada di bagian tengah curug. Batu tersebut sangat kokoh meskipun aliran air sungai sangat deras atau saat terjadi banjir. 

BACA JUGA: Indah Sih, Tapi Hati-Hati Kalau Mau ke Curug Leuwi Hejo Karena Mitosnya Begini

Batu tersebut juga termuat dalam informasi UNESCo Geopark Ciletuh. Uniknya, batu ini nampak seperti membelah aliran air terjun dari curug. 

 

Menurut informasi setempat, batu tersebut meskipun cukup kokoh, tetapi cukup rentan jatuh apabila terus-menerus terkena aliran air yang deras. Masyarakat setempat juga percaya bahwa apabila batu itu jatuh, maka air laut Samudra Hindia akan naik ke daratan. 

 

Narasi Geomyth ini juga menjelaskan terdapat sebuah fakta di dalamnya. Apabila arus aliran air yang sangat deras tidak bisa menjatuhkan bongkahan batu tersebut, maka yang bisa mengguncangkannya hanya gempa yang besar. 

 

Gempa besar memiliki potensi terjadinya tsunami karena kawasan Geopark Ciletuh memang rawan terjadi dua bencana ini. 

 

Perjalanan menuju Curug Sodong 

Apabila berangkat dari pusat kota Sukabumi, maka waktu yang kamu butuhkan sekitar 3-4 jam perjalanan. Kamu dapat mengambil rute menuju Ciemas lewat Cimanggu. 

 

Selanjutnya dari KEcamatan Ciemas lanjut sampai ke Desa Ciwaru sekitar 1 jam perjalanan. Kondisi jalan di sini mayoritas sudah beraspal, sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman. 

 

Harga tiketnya juga sangat murah, tarif masuk curugnya sendiri hanya Rp 3.000/orang. Apabila membawa kendaraan pribadi seperti motor ada biaya parkir Rp 3.000/unit dan mobil Rp 5.000/unit. 

 

Di sini juga terdapat berbagai fasilitas seperti tempat parkir yang sangat luas, tersedia toilet, mushola, gazebo sederhana, dan warung makanan. 

 

Bagi kamu yang berasal dari luar kota atau ingin menikmati keindahan kawasan Geopark Ciletuh dalam waktu yang lama, bisa juga tinggal dengan berbagai penginapan yang tersedia. 

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata di Cilacap Selain Pantai, Ada Mitos Curug Bagi Pasangan Agar Berjodoh 

Apabila ingin berkunjung, sebaiknya pastikan saat cuaca cerah. Para pengunjung juga wajib menjaga kebersihan dan bertanggung jawab dengan setiap sampah yang dibawa.***

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *