: :

Harga Sarang Burung Walet dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Harga sarang burung walet bikin melongo, ini manfaatnya untuk kesehatan. - Ilustrasi/Pixabay/dendoktoor

RADAR TEGAL – Harga sarang burung walet bikin melongo. Sarang burung walet diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Karenanya, tidak heran bila harga pasaran komoditas itu cukup tinggi. Sarang burung walet merupakan sarang yang tercipta dari air liur burung walet yang kemudian menjadi padat.

Harga sarang burung walet pada penghujung tahun 2022 ini, mencapai Rp8 juta per kilogram. Harga ini, menurut seorang petani sarang burung walet, warga Desa Pesayangan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Kaokab (39), sedang mengalami penurunan.

Oka, sapaan akrab Kaokab, mengatakan, sebelumnya harga tembus Rp8,5 juta per kilogram. Menurut pria yang menggeluti bisnis sarang burung walet sejak 2011 silam itu, harga tidak terpengaruh oleh nilai tukar Dolar Amerika Serikat. Harga lebih mengacu pada kondisi perekonomian di Hongkong dan China.

“Kalau perekonomian di Hongkong dan China tinggi, harga air liur burung walet juga ikut tinggi,” jelas Oka, Rabu 28 Desember 2022.

Lebih jauh Oka menguraikan, ada dua jenis air liur atau sarang burung walet. Harga termahal, yakni jenis mangkok yang mencapai Rp8 juta per kilogram.

Jenis lainnya yaitu jenis sudut. Harga sarang burung walet jenis sudut hanya Rp7 juta per kilogram. Sebenarnya, jenis sudut juga mengalami penurunan harga. Pada bulan November 2022 lalu, harganya mencapai Rp9,5 juta per kilogram.

“Harganya memang naik turun. Yang paling murah air liur burung sriti, hanya Rp100 ribu per kilonya,” ujarnya.

Oka sendiri saat ini mengelola 27 titik sarang burung walet yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Antara lain di Wonosobo, Purwodadi, Semarang, Kendal, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal.

Setiap harinya, minimal Oka melakukan transaksi sarang burung walet hingga tiga kali.

“Kadang ada yang 10 kilo, ada juga yang 3 kilo. Setiap hari saya pasti ada transaksi,” kata Oka.
Untuk menjual sarang burung walet miliknya, Oka mengaku tidak kesulitan. Sebab, dia sudah bekerja sama dengan pengepul yang juga eksportir di Jakarta.

Manfaat Sarang Burung Walet

Menyinggung soal manfaat sarang burung walet, Oka tidak menjelaskan secara rinci. Dia hanya bilang, air liur burung tersebut biasanya berguna untuk obat dan kosmetik. Tapi cenderung untuk pengobatan.

Diketahui, manfaat dari sarang burung walet adalah untuk melancarkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan kulit, mempercepat proses regenerasi sel, menjaga sistem pencernaan.

Adapun khasiat lain darai sarang burung walet adalah booster dalam sistem tubuh.Kandungan asam sialat dalam sarang burung walet teruji 11,9 kali lebih tinggi dibanding asam sialat dalam ASI kolostrum yang dapat mengoptimakan perkembangan otak pada janin. (*)

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *