: :

Nelayan Tegal Aksi Demo, Kendaraan dari Jakarta dan Semarang Hindari Lewat Jalur Pantura


Nelayan
Tuntutan nelayan Tegal

RADAR TEGAL – Nelayan Tegal akan menggelar aksi demo besar-besaran para Kamis 12 Januari 2023 mulai pukul 08.00 WIB pagi ini. Banyaknya massa yang akan mengikuti unjuk rasa itu, dikhawatirkan akan menyebabkan jalanan menjadi tersendat.

Oleh karena itu, para pengendara kendaraan dari arah Jakarta maupun Semarang sebaiknya menghindari melalui jalur Pantai Utara (Pantura). Pasalnya, massa nelayan Tegal berencana akan melakukan long march dari Pelabuhan Jongor ke gedung DPRD yang melintasi jalur itu.

Sebaiknya, kendaraan dari arah Semarang dan Jakarta dianjurkan melalui jalan bebas hambatan atau tol. Sehingga, tidak terjebak kemacetan yang mungkin terjadi karena aksi besar-besaran itu.

Aksi unjuk rasa kemungkinan akan selesai sekitar pukul 12.00 WIB. Sehingga, selepas waktu dhuhur kendaraan sudah bisa melintas di jalur pantura tanpa terhambat aksi unjuk rasa nelayan Tegal.

Ketua DPD HNSI Jawa Tengah Riswanto mengatakan nelayan Tegal akan memulai aksi berkumpul di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jongor sekitar pukul 08.00 WIB. Selanjutnya, akan bergerak menuju kantor Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) dan PSDKP Tegalsari.

Menurut Riswanto, pihaknya akan menyuarakan aspirasinya. Setelah itu, kemudian akan bergerak kembali menuju kantor DPRD Kota Tegal untuk beraudiensi.

“Dari PPP dan PSDKP, akan melakukan konvoi ke kantor DPRD untuk mengikuti audiensi,”ujar Riswanto.

Dalam aksinya nanti, Nelayan Tegal akan menyampaikan setidaknya ada 5 tuntutan. Pertama, menolak pemberlakuan PNBP pasca produksi dengan indeks tarif sebesar 10 persen.

Mereka meminta agar pemberlakuan PNBP pasca produksi indeksnya tidak lebih dari 5 persen. Tuntutan kedua, menolak pemberlakuan sanksi denda 1.000 persen.

Ketiga, menolak pemberlakuan kebijakan penangkapan ikan terukur. Keempat dan kelima menuntut penambahan wilayah penangkapan perikanan (WPP) 711, 712 dan 713 untuk alat tangkap jaring tarik berkantong. (*)

 

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *