: :

Pelangi Fenomena Alam Langka Terlihat di Langit Tegal Sore Hari


Pelangi
Pelangi fenomena alam langka terlihat di langit Tegal sore tadi

RADAR TEGAL – Pelangi, fenomena alam langka yang mungkin jarang sekali terlihat. Namun, pada Jumat 13 Januari 2023 sekitar pukul 18.00 WIB tadi tampak terbit di langit Tegal sebelah timur.

Masyarakat pun dapat melihat pelangi yang merupakan fenomena alam langka itu dengan mata telanjang. Nove, warga Desa Dukuhturi Kabupaten Tegal misalnya, tidak menduga akan melihat cahaya berwarna-warni itu.

Sebab, kata Nova, sebelumnya wilayah di lingkungan tempat tinggalnya sempat diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Namun, hujan tidak berlangsung lama dan cuaca menjadi cerah.

“Setelah hujan berhenti, matahari kembali bersinar di sebelah barat. Namun, pada saat bersamaan, di Timur terlihat mendung cukup tebal,”ujarnya.

Sesaat kemudian, dia keluar dari rumah dan tanpa sengaja melihat ke langit. Saat itu, dia melehat ada lengkungan cahaya warna-warni di langit sebelah timur.

Tanpa berfikir Panjang, dia kemudian langsung mengabadikan cahaya warna-warni pelangi yang merupakan fenomena alam langka itu. Meski hanya fenomena alam biasa, dirinya berharap agar itu menjadi pertanda baik.

“Mudah-mudahan ini pertanda baik meskipun hanya fenomena alam biasa. Kalua di sini memang jarang terjadi,”ujarnya.

Sementara itu, mengutip dari berbagai sumber, pelangi merupakan fenomena meteorogi yang disebabkan oleh refleksi, refraksi atau pembiasan dan difraksi cahaya. Intinya, pelangi terbentuk lantaran cahaya matahari mengalami pembiasan oleh tetesan air.

Fenomena alam itu, bisa berbentuk lingkaran penuh. Namun umumnya, mereka yang menyaksikan pelangi hanya akan melihat setengah lingkaran saja.

Pelangi memiliki 7 warna karena adanya tetesan air di atmosfer yang memecah sinar matahari. Warna-warna itu yakni Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. (*)

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *