: :

Kupat Glabed Khas Tegal, Sajian Lezat nan Nikmat


Kupat-Glabed-Tegal-@danikahmad.

RADAR TEGAL- Setiap daerah pasti punya menu kuliner yang khas. Jika kamu ke Tegal, rasanya tidak lengkap kalau kamu tidak mencicipi sajian kupat glabed yang lezat dan nikmat.

Ini adalah menu ketupat berkuah kental yang merupakan salah satu menu khas Tegal. Karena kekentalan kuahnya itulah yang membuat sajian ini disebut kupat glabed.

Dalam bahasa Tegal, glabed berarti sesuatu yang kental. Sajin kupat glabed berisi potongan ketupat dengan kuah kuning gurih bertekstur kental.

BACA JUGA: Soto Khas Tegal, Paduan Sedap Kuliner Tionghoa dan Indonesia

Meski penampilannya sedikit berbeda dari sayur ketupat biasa, kamu bakal ketagihan jika sudah mencicipinya. Sekilas kuah mirip dengan opor ayam.

Namun, ini berbeda dengan itu. Rupanya kuah kupat glabed bertekstur kental karena ada tambahan bumbu kare tempe dan mie kenyol. Tempenya bukan menggunakan tempe biasa. Untuk menu ini, menggunakan tempe semangit atau tempe yang sengaja dibusukkan.

BACA JUGA: Olos Khas Tegal, Cemilan Sederhana Gurih yang Pedasnya Nikmat

Keunikan lainnya yaitu olahan mie kenyol dan kerupuk. Pembuat sayur akan merebus kedua bahan itu hingga lembek lalu memasaknya dengan bumbu pedas.
Umumnya untuk sajian Kupat Glabed istimewa ini ditambahkan dengan kerupuk kuning atau mie kuning dan bawang goreng sebagai toppingnya. Sebagai pelengkap tambahan bisa disantap bersama tempe mendoan, sate kerang, sate kikil, dan sate ayam.

Jika kamu ingin mencicipinya, kamu bisa menemukannya di berbagai sudut Kota Tegal. Untuk sentra kupat glabed terletak di Kelurahan Randugunting Kecamatan Tegal Timur. Kamu juga bisa menjumpainya dengan mudah di sekitar Obyek Wisata (OW) Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal.

Bagi kamu yang menyukai rasa pedas, penjual biasanya akan menumbuk cabai kukus. Kemudian dia akan mencampurkannya ke dalam kuah kental yang akan kamu santap. Selain di Kota Tegal, kamu juga bisa menemukannya di Kabupaten Tegal dan Brebes.

Namun, kupat dari Brebes berbeda dengan yang ada di Tegal. Kupat di Brebes menggunakan sayur pepaya muda lengkap dengan santannya. Selamat menikmati! (*)

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *